Lindungi Wajah Dari Paparan Sinar Matahari Dengan Sunscreen Scarlett

 

      Beberapa hari ini Kota Yogyakarta panas sekali. Saya kira karena pengaruh aktivitas Gunung Merapi di Kabupaten Sleman. Tetapi ternyata cuaca terik ini karena Jogja memasuki musim pancaroba. Baiklah. Pokoknya kalau ada acara keluar rumah, harus selalu membawa air putih jika tidak sedang berpuasa, supaya tubuh tidak dehidrasi. Dan satu lagi yang tidak bisa ketinggalan yaitu sunscreen. Beneran deh, untuk teman-teman yang sayang sama diri sendiri, jaga kulit dengan sunscreen deh supaya tidak terkena efek buruk sinar matahari. 

Saya jadi ingin mengulas banyak tentang sunscreen nih. 

Sunscreen atau disebut di Wikipedia adalah tabir surya atau sun cream, adalah ramuan untuk menghalangi pengaruh matahari yang merusak kulit. Bisa berupa lotion, spray, foam, gel, batang atau produk topikal yang menghindari atau memantulkan sinar radiasi ultraviolet dari matahari, sehingga tidak mengalami bakaran matahari. 

Jadi sunscreen memang sangat penting. Dan saya punya produk favoritnya nih, yaitu Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen.

       

Scarlett
Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen 

Ini saya tunggu-tunggu banget lho. Happy, akhirnya Scarlett meluncurkan produk barunya yaitu sunscreen

Teman-teman pasti sudah tau kan, kalau sunscreen ini penting banget untuk menjaga kulit kita dari efek buruk sinar matahari, terutama UVA dan UVB.

Kalau kulit kita terpapar UVA dan UVB ini, kulit bisa menjadi kusam, muncul flek hitam, membuat kulit kita cepat berkerut dan muncul garis-garis halus penuaan.

Sekarang bahkan ada blue light dari gadget yang sering kita pakai, yang ternyata juga berpengaruh ke kulit kita.

Nanti saya cerita pengalaman saya memakai sunscreen-nya Scarlett ini ya.

Tapi saya mau mengingatkan dulu mengenai bahaya sinar matahari untuk kulit kita.

Bahaya Sinar Matahari

-Sunburn

Jika terpapar langsung dalam waktu yang lama akan kemerahan, nyeri dll

-Penuaan

Sinar UV bisa merusak kulit, kulit jadi mengendur dan kering sehingga kulit keriput dan kita terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. 

-Kanker kulit

Sinar UV B bisa menekan sistem kekebalan kulit, sedangkan sinar UV A bahkan dapat menembus lebih dalam dan meningkatkan resiko kanker kulit. 

Oleh karena itu, penting untuk kita menjaga kulit dari efek buruk sinar matahari.

Tips Menjaga Kulit

1. Memakai pakaian tertutup

2. Rajin memakai pelembab

3. Rutin menggunakan tabir surya


Saya Dan Kebiasaan Saya

                 Aktivitas di luar rumah sering saya lakukan, selain itu, aktivitas di depan laptop atau hp pun cukup lama ya, karena melakukan pekerjaan menulis, mengedit video dan lain-lain sebagai blogger dan kreator konten. Itulah mengapa saya juga harus memakai sunscreen. Jadi memang harus berhati-hati dengan efek buruk sinar matahari dan radiasi sinar biru dari gawai atau blue light.

                   Di masa kini, tidak hanya sinar matahari yang bisa mempunyai efek buruk terhadap kulit kita, tetapi juga blue light. Blue light adalah sinar biru yang dipancarkan oleh layar gadget seperti laptop, handphone, lampu LED dan lain-lain. Tidak hanya dapat mengganggu mata tetapi juga punya efek kurang baik pada kulit. Karena blue light ini dapat menembus lebih dalam ke lapisan kulit. Dampak jangka panjangnya, penggunaan gadget dapat merangsang produksi radikal bebas, yang berakibat kulit menjadi lebih cepet muncul kerutan dan mempengaruhi melanin kulit sehingga bisa muncul flek-flek hitam pada wajah. Itulah mengapa, meski di rumah saja, kita tetap perlu menggunakan sunscreen.

                     Tapi jujur tidak mudah untuk saya menemukan sunscreen yang tepat. Kadang ketemu yang susah di-blend, atau meninggalkan white cast yang tentu saja kurang nyaman untuk saya. Maka ketika saya tau Scarlett meluncurkan sunscreen ini, saya penasaran dan mencobanya. Karena saya juga sudah cocok memakai produk Scarlett yang lain juga sih, jadi harapannya sunscreen nya ini juga cocok untuk kulit saya. 

              

tabir surya
Box paket, sticker, sunscreen 

Paket Datang

       Yang saya suka dari Scarlett, adalah kemasan paket yang aman. Seperti saat sunscreen ini tiba di rumah, ia di kemas dengan bubble wrap tebal, kemudian dimasukkan dalam kotak kardus yang kokoh. Jadi paket tetap bagus dan tidak rusak atau penyok.

Saat saya buka paketnya, sunscreen-nya ada di kemasan plastik berwarna kuning muda dengan berbagai keterangan produknya. Dan seperti biasa, selalu ada selembar stiker lengkap dengan sapaannya yang membuat siapapun penerima paketnya jadi good mood. Suka deh!

O ya, di bagian belakang kemasan plastik ada hologram yang tak lepas dari perhatian saya, karena dari situ saya bisa mengecek keaslian produk. Perlu dong, kita sebagai konsumen lebih jeli saat membeli produk. Termasuk cek BPOM nya. Aman, karena sunscreen ini sudah BPOM, NA 18221701725.

Kemasan Sunscreen

               Bentuknya tube pipih, berwarna kuning cerah dan biru. Isinya sebanyak 50 ml, cream berwarna broken white, teksturnya watery, agak cair. Tidak ada aroma mengganggu. Terdapat informasi produk, manfaat dan cara pemakaian, dermatologist tested dan hypoallergenic.

                               

tekstur sunscreen
Warna dan tekstur saat dituang dan dioles ke punggung tangan


Ingredients:

Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Homosalate, Butil Methoxydibenzoylmethane, Phenilbenzimidazole Sulfonic Acid, Ethylhexyl Salicylate, Octocrylene, Cetearyl Alcohol, Butylene Glycol, Glycerin, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Polyacrylate Crosspolymer-6, Trimethoxybenzylidene Pentanedione, Phenoxyethanol, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Arisaema Amurense Extract, BHT, Bisabolol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Aminomethyl Propanol, Allantoin, Decyl Glucoside, Panthenol, Glycine Soja (Soybean) Oil, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, T-Butyl Alcohol, 1,2 Hexanediol, Theobroma Cacao Seed Extract, 2-Aminobutanol, Tocopherol.

Sunscreen ini mengandung SPF 50 PA+++ dengan klaim ekstra moist & glow

Mampu melindungi kulit dari UVA, UVB dan Blue light.

Nah, yang penting juga nih, sunscreen ini diperkaya dengan blumilight, pro vitamin B5, Phyto Whitening, Aloe Vera extract, Allantonin, dan bisabolol, yang manfaatnya bagus banget untuk kulit.

  • Aloe Barbadensis Leaf Extract: 

Membantu menyamarkan noda gelap pada wajah.

Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan.

Menjaga kelembapan kulit

  • Allantoin

Menyejukan kulit yang teriritasi ringan

Merawat kulit agar tetap terasa halus, lembut. dan tidak kering 

Menghidrasi kulit

  • Bisabolol

Membantu menghidrasi kulit Melindungi kulit dari penuaan dini yang disebabkan oleh efek buruk sinar matahari ringan

Membantu melawan bakteri penyebab jerawat

Membantu menyejukan kulit yang teriritasi

  • Vitamin E

Membantu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV

Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan

Membantu melembapkan kulit

  • Arisaema Amurense Extract (Phyto Whitening)

Membantu mencerahkan kulit 

Membantu menyamarkan noda gelap pada wajah

  • Pro Vitamin B5 (Panthenol)

Menjaga kelembapan kulit wajah

Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan

  • Glycine Soja (Soybean) Oil

Membantu menyamarkan noda gelap meratakan warna kulit 

Melindungi kulit terhadap efek buruk sinar matahari

Menjaga kelembapan kulit

Cara pemakaian: oleskan sunscreen secukupnya pada wajah dan leher sebelum beraktivitas di pagi dan siang hari. Hindari penggunaan di area mata.

                 

sunscreen
Bagian depan & belakang kemasan




Pengalaman Menggunakan Sunscreen Scarlett             

 Di kulit saya, sunscreen ini terasa watery, sejuk dan mudah meresap. Ada sekilas aroma yang muncul tapi lekas hilang. Tidak meninggalkan white cast. Bahkan terasa ringan dan memberi hasil akhir yang glow & dewy. Kulit lebih lembab, tapi tidak berlebihan. Klaim moist and glow-nya beneran sih. O ya kulit saya tipe normal to oily, tapi walaupun sunscreen ini untuk kulit normal to dry, ternyata cocok-cocok saja sih untuk kulit saya. Tidak sampai basah banget atau berminyak banget. Jadi bisa dibilang, kulit saya bisa menerima sunscreen ini. Yeaaay !!! Jadi kalau mau belanja produk Scarlett , sunscreen ini bisa sekalian masuk list. 

Scarlett Sun Bright Daily Sunscreen ini bisa dibeli di official marketplace Scarlett dengan harga Rp75.000 saja.

Iya, saya pun sekarang lebih aware lagi mengenai pentingnya sunscreen. Yah, walaupun merasa agak telat juga sih, tidak memakai sunscreen dari dulu.

                 

before after
Note: tidak memakai bedak
(hanya essense, serum, primer, sunscreen Scarlett),
foto dengan cahaya alami matahari)



Jadi buat teman-teman, saya cuma mau mengingatkan sih, bahwa sunscreen itu memang penting, sebagai bagian dari langkah-langkah kita untuk merawat dan melindungi kulit, sehingga jangka panjangnya kulit kita bisa muda lebih lama. Mau kan??




Posting Komentar

13 Komentar

  1. sunscreen ini juga udah aku coba suka sama performa dan teksturnya sayangnya agak bau kimia dikit menurutku

    BalasHapus
  2. Bener nih wajib pakai sunscreen dan awet muda sampai tua ga mau terkena paparan sinar matahari efek buruk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi sekarang berasa gerah dan panas gak sih, matahari nya garang :)

      Hapus
  3. Saya belum pernah cobain sunscreen Scarlet ini, makin banyak saja ya produknya Scarlett ini, dan bisa jadi referensi saya buat membeli sunscreen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, emang lengkap sih, saya pernah coba mulai dari body care, face care, sampai hair care nya juga. Ini sekarang sunscreen juga :)

      Hapus
  4. Banyak juga kandungan dalam sunscreennnya ya. Memang saya juga baru-baru ini sadar kalau pake sunscreen itu penting banget. Saya sendiri belum pernah pakai nih sunscreen dari Scarlett, kayaknya ini termasuk produk barunya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss. iya nih baru sadar juga kalau sunscreen tu emang penting banget :)

      Hapus
  5. Suka banget dengan Sunscreen nya nih, karena kaya akan blumilight, pro vitamin B5, Phyto Whitening, Aloe Vera extract, Allantonin, dan bisabolol, yang manfaatnya bagus banget untuk kulit.

    BalasHapus
  6. Kyaaaaaaa scarlett ngeluarin produk sun screen, pengen coba juga ih.
    pastia romanya enak banget dan bikin nyaman. Makasih reviewnya mba

    BalasHapus
  7. Yap, pemakaian sunscreen emang sepenting itu. Apalagi di Kotaku yg luar biasa panas terik mataharinya. Sunscreen scarlett ini ngebantu banget yaa. Aku suka, apalagi produknya Nyaman dipake.

    BalasHapus
  8. Wah, aku batu tahu lho kalau scarlett ternyata punya sunscreen juga. Perlu nyobain juga nih, soalnya suka sama produknya sih. The best emang Scarlett ini

    BalasHapus
  9. Wahh baru tahu kalo scarllet ada sunscreennya juga. Penasaran pingin pakai juga

    BalasHapus