Netizen Gathering: Peran Medsos Dalam Publikasi Kegiatan MPR RI

           Sabtu siang, 17 Desember 2022, di tengah cuaca terik, saya bergegas menuju hotel Porta by The Ambarukmo. Tepatnya di lantai 1, meeting room Dewa Ruci. Di ruangan tersebut sudah berkumpul blogger-blogger yang akan berdiskusi bersama MPR RI mengenai peran media sosial dalam publikasi kegiatan MPR RI.     

         


             Diskusi tersebut dibuka oleh Plt. Deputi Administrasi sekaligus Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Sistem Informasi Ibu Siti Fauziah S.E., M.Mi. Dilanjutkan dengan tambahan materi terkait peran Humas dalam publikasi kegiatan MPR oleh Plt. Kepala Biro Sumberdaya Manusia Bapak Muhammad Jaya S.IP, M.SI

          Secara singkat, beliau berdua menyampaikan bahwa MPR RI merasa perlu untuk berdiskusi mengenai hal ini, mengingat banyak informas penting yang bisa disampaikan kepada warganet terkait kegiatan MPR RI, pengetahuan empat pilar, hingga gedung MPR RI yang sarat makna sejarah dan lain-lain. 

          Publikasi melalui media sosial, dalam hal ini Instagram, sudah dilakukan. Namun engagement-nya dirasa kurang, sehingga ingin mendapat saran termasuk dari para blogger. 

MPR RI 

          Tentu tau kan apa dan bagaimana MPR RI? MPR atau  Majelis Permusyawaratan Rakyat, merupakan lembaga pelaksana kedaulatan rakyat karena anggota MPR adalah para  wakil rakyat yang berasal dari pemilihan umum.  

Sekarang ini, MPR bukan lagi lembaga tertinggi negara, melainkan sederajat dengan lembaga negara lainnya. 

Pada kesempatan kali ini, Ibu Siti juga menyampaikan bahwa MPR RI juga mempunyai digital book yang bisa di download di apps store.

          

narasumber

Media Sosial MPR RI

          Siapa sih di jaman sekarang ini yang tidak bermain media sosial? Hampir semua saya rasa sudah akrab dengan media sosial berbagai platform. Karena selain sebagai media untuk mencari informasi dan hiburan, juga menjadi tempat untuk mengekspresikan diri dan menjalin interaksi dengan follower. Sehingga banyak pihak termasuk lembaga-lembaga resmi negara juga tentunya mempunyai akun resmi untuk bisa terkoneksi dengan warganet.

Sama seperti lembaga negara lainnya, MPR RI juga mempunyai media sosial khususnya platform Instagram. Dan tentu saja saya sudah mengikuti akunnya, @mprgoid. Teman-teman sudah follow juga?

          

Akun resmi

          

Instagram

Melihat media sosial MPR RI, melalui postingan di feed maupun reelsnya, kita jadi makin tahu informasi mengenai begitu banyak kegiatan MPR yang memang perlu diketahui oleh publik.

Di feed, terlihat berbagai gambar terpampang dilengkapi informasi yang lengkap. Beberapa ada kuis, di snapgram juga terselip kegiatan-kegiatan MPR RI.

Jujur, hari itu juga saya seperti diingatkan kembali dengan keberadaan lembaga negara yang satu ini, setelah dulu mengenalnya saat masih berstatus pelajar.

          

netizen

Memang, media sosial memungkinkan kita untuk terkoneksi dengan banyak sekali orang, bahkan mungkin hingga tak terbatas. Pola perilaku warganet yang bermacam-macam, membuat kita harus bersiap dengan segala reaksi mereka saat memposting sesuatu pada media sosial.

Saya memahami bahwa barangkali ada dilema bagi akun resmi apalagi akun lembaga negara saat membuat konten media sosial.

Di satu sisi ada aturan dan etika lembaga yang harus diikuti, di sisi lain harus mengikuti tren agar tetap mendapat tempat di hati warganet.

Sharing dengan para blogger terkait konten media sosial MPR khususnya instagram agar dapat meningkatkan engagement medsos berlangsung dengan hangat dan mengalir. Sehingga tersampaikanlah beberapa saran dan masukan untuk akun MPR RI.

Agar Engagement Media Sosial Meningkat

          MPR RI sangat terbuka untuk kritik dan saran. Berikut ini beberapa masukan terkait media sosial MPR RI tersebut. Diantaranya:

1. Mengenai penulisan caption yang lebih luwes. Caption yang sekarang masih berupa kalimat-kalimat panjang yang terasa kaku, meskipun sarat informasi.

Diharapkan, informasi tersebut bisa dikemas dengan kalimat yang lebih singkat tapi menarik.

2. Tone warna yang sama 

Tone warna dalam feed masih berubah-ubah. Diharapkan agar dapat menentukan warna yang tone nya sama agar lebih nyaman dipandang.

3.  Memperbanyak reels.

Reels belakangan ini populer dan banyak digunakan oleh pengguna Instagram. Sesuai dengan tren warganet yang lebih menyukai tampilan video, story telling dan musik dalam sebuah postingan.

4. Membuat rencana posting 

Tentu MPR RI mempunyai banyak materi informasi yang bisa disampaikan ke publik, agar memudahkan dalam mengatur jadwal posting, diperlukan perencanaan terkait topik dan waktu posting.

5. Membuat kuis dan challenge agar follower bisa lebih terlibat. 

Agar warganet lebih aktif berinteraksi, kuis dan challenge berhadiah tentu dapat menarik mereka untuk ikut serta. Khusus mengenai challenge, saya pikir menarik ya, karena warganet juga banyak yang ingin tampil baik di depan kamera maupun hanya suara. Jadi challenge seperti membuat video pendek di reels bisa dicoba. Atau sekedar voice over challenge untuk warganet yang lebih suka berkarya melalui suara. 

6. Menampilkan sisi humanis, termasuk menampilkan sosok inspiratif di MPR RI

7. Rajin melakukan analisa insight untuk mengetahui demografi followers agar dapat menentukan gaya posting yang tepat. Karena untuk dapat membuat konten yang tepat sasaran, kita harus tahu siapa dan seperti apa followers kita.

Meningkatkan engagement media sosial memang perlu usaha lebih. Saran-saran dari teman-teman blogger tadi bisa juga dicoba untuk akun kita lho. Nah, untuk akun pribadi mungkin lebih mudah dan fleksibel dalam menerapkan saran-saran tadi. Sedangkan untuk akun resmi lembaga negara, diperlukan terobosan lebih, agar dapat membuat konten yang menarik namun tetap sesuai aturan dan etika dalam lembaga itu sendiri.

Semoga setelah ini, interaksi di akun @mprgoid lebih meningkat. Karena sebenarnya, tidak hanya MPR RI saja yang perlu mempublikasikan aktivitasnya, kita sebagai warga negara juga perlu tahu mengenai apa dan bagaimana lembaga-lembaga negara, termasuk MPR RI. 

Semangaaat!!!








Posting Komentar

8 Komentar

  1. Baru tahu aku kalau MPR punya media sosial seperti ini. Pasti membantu untuk menginformasikan segala hal yang rakyat perlu tahu. Semoga makin oke dan bisa diakses masyarakat dengan mudah dan menyenangkan.

    BalasHapus
  2. wah aku baru tau nih kalo MPR ternyata sharing berbagai info serta kegiatan melalui media sosial juga, semoga bisa menjadi wadah aspirasi tambahan untuk masyarakat juga ya jadi ga cuma share kegiatan MPR aja..

    BalasHapus
  3. Baru tau MRP ngadain acara begini, banyak manfaat yg didpat sepertinya di acara ini ya??

    BalasHapus
  4. Ternyata ada cara seru kek gini ya yang mengadakannya MPR lagi , pengen gabung rasanya

    BalasHapus
  5. Wah bagus deh kalau ada medsosnya, jadi informasi makin masif bisa dibaca banyak masyarakat, bisa meluruskan hoax secara langsung terpercaya, bisa share program-program juga dengan dua arah. Sukses!

    BalasHapus
  6. Baru tau nih pemerintah ngadain progam acara gini. bagus euy jadi kita lebih melek sosial media. Dan lebih menyaring info2

    BalasHapus
  7. Seru banget ya, jadi kita bisa tau cara kerja nya MPR lewat sosial media

    BalasHapus
  8. Media sosial makin berkembang, semua lini pasti kena dampaknya, baik positif maupun negatif. Termasuk MPR RI. Semangat buat kita semua di era globalisasi ini

    BalasHapus