Pengalaman Ikut Kelas Podcast

 

        Siapa yang di masa pandemi ini sering ikut kelas-kelas online? Saya termasuk salah satunya. Dan satu kelas yang menarik perhatian saya adalah kelas podcast.

Podcast, satu hal yang ramai terdengar belakangan ini ya. Mungkin saya ketinggalan, mungkin teman-teman malah sudah punya podcast favorit untuk didengarkan? Boleh share ya.



Podcast adalah file audio yang diunggah secara berkala ke internet, dan bisa didengar oleh siapapun.

Mengapa tertarik sama podcast? Karena menurut saya podcast ini praktis, untuk menemani kita beraktivitas. Karakteristiknya yang mirip radio, bisa didengar sambil ngapain aja dan dimana aja, membuatnya cocok untuk dijadikan teman sehari-hari. Apalagi sekarang semua orang bisa lho punya podcast sendiri. Berasa punya "radio" sendiri: kita scriptwriternya, kita produsernya, kita juga yang "siaran" 😊.

Kan nggak semua orang suka tampil depan kamera, jadi bisa nih, share positive vibes lewat suara, yaitu melalui podcast.

Itulah yang membuat saya bergabung di kelas podcast yang diselenggarakan Siberkreasi bersama Kominfo.

Saya tau informasi itu dari instagram Siberkreasi.

Setelah saya isi data untuk mendaftar, akhirnya saya menerima email bahwa saya diterima sebagai salah satu pesertanya.

Kelasnya sendiri yang ikut seribuan lebih sih, namanya juga gratis. Hal baru pula, jadi memang banyak yang ingin tahu dan ingin belajar.

Kami mengikuti kelas ini selama 6 sessi, yaitu tiap Sabtu dan Minggu, pukul 10.00 - 12.00 WIB, melalui channel Youtube Siberkreasi. Channel kelas podcast ini diprivate, sehingga hanya peserta yang bisa mengikutinya. Itupun setelah sessi selesai, video tidak bisa dilihat lagi, jadi memang benar-benar harus sigap menangkap materinya. 

Peserta kelasnya sendiri terdiri dari berbagai latar belakang. Rata-rata memang anak-anak muda sih, tapi ada juga para ibu, momblogger, bapak ibu guru juga ada, bahkan ada pekerja media.

Sedangkan pematerinya adalah sebagai berikut:

Pemateri inti

1. Rizky Ardi Nugroho ( Mizter Popo )

Podcast "Do You See What I See" yang bertema horor. Juga pendiri The Podcaster, sebuah komunitas podcast terbesar di Indonesia. 

2. Pradipta Nugrahanto

Sebelas tahun berkecimpung di industri media, dan saat ini adalah VP Content & Community di Inspigo, pionir platform podcast di Indonesia.

3. Rane Hafied

Menekuni dunia podcast sejak tahun 2005, berawal dari pekerjaan yang berlatar radio di Singapura dan Jepang, lalu mengembangkan podcast ditengah kesibukannya bekerja di agency digital di Bangkok. Rane mengelola dua podcast yaitu Suarane Podcast dan Kepobuku.

4. Tio Prasetyo Utomo

Salah satu host podcast Box2Box Indonesia. Berpengalaman 13 tahun di industri media, dan merupakan salah satu  pendiri jejaring podcast terbesar Box2Box yang kini menaungi banyak podcast populer di Indonesia. 


Pemateri tamu: Raditya Dika.


Dalam kegiatan ini, selayaknya kelas, ada aturan/tata tertibnya. 

Sebelum kelas dimulai, kami harus memgisi pre-test terlebih dahulu melalui Google Form. Sesudah kelas, mengisi post-test, yang harus diisi dengan benar karena akan berfungsi sebagai absensi dan untuk kepentingan pembuatan sertifikat. 

Penyampaian materi selama satu jam, lalu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dimana peserta bisa mengajukan pertanyaan melalui kolom komentar di Youtube, yang akan disalurkan ke pemateri untuk dijawab. 

            

Siberkreasi


Sessi 1

Saya sudah penasaran aja, bakal kayak apa sih nanti. Ternyata memang keren sih. Awalnya ada sambutan dari jajaran Kominfo, diantaranya oleh Direktur Jendral Aplikasi Informatika Samuel E. Pangerapan.

Selanjutnya, baru deh kelas dimulai.

Materinya adalah Pengenalan Podcast, dengan pemateri  Mizter Popo.

Pada sesi pertama ini, peserta langsung diminta untuk membuat podcast . 

Sessi 2

Materi Perencanaan Podcast, dengan pemateri Pradipta Nugrahanto.

Membahas mengenai alat seperti apa yang diperlukan, bagaimana mengolah suara dan juga bahasan soal "menulis untuk telinga" serta bagaimana membuat struktur podcast.

Kemudian review podcast peserta yang dibuat pada hari pertama. Setelah direview, ternyata banyak didapati suara yang cenderung lemah. Dan disarankan pada saat merekam, posisi ponsel sama seperti ketika kita sedang menelepon. 

Podcast yang baik bukan soal suara bagus dan berat, tapi yang paling penting adalah apakah orang yang mendengarkan bisa menangkap apa yang ingin kita sampaikan.

Sessi 3

Materi Produksi Podcast, dengan pemateri Rane Hafied.

Materi yang diberikan mencakup rekaman, editing dan publishing. Serta ditunjukkan teknik-teknik editing sederhana dengan menggunakan salah satu software. 

Sessi 4

Materi Branding Podcast, dengan pemateri Raditya Dika.

Sessi 5

Monetisasi Podcast, dengan pemateri Tyo Prasetyo Utomo.

Pada sessi ke-5 kami belajar berbagai trik memonetisasi podcast.

Sessi 6

Sessi terakhir, kami mendengarkan pengalaman sejumlah podcaster dan juga pemateri mengenai perjalanan mereka mengembangkan podcast. Para pemateri juga memberi masukan pada podcast yang sudah dibuat oleh para peserta. 

Kelas selesai. Beberapa hari kemudian kami dikirimi email yang berisi e-sertifikat.  Dan meski kelas selesai, tetapi kami masih tetap terhubung melalui email, telegram dan discord.  

        

             Satu diantara 7 sertifikat yang diberikan 

    

Dan bagi yang merasa masih ingin belajar, tidak perlu khawatir karena juga dibuka batch kedua. Bisa mendaftar di Kelas Podcast Siberkreasi


Jadi gimana, pingin jadi podcaster juga?

Posting Komentar

11 Komentar

  1. Ini dia yg kutunggu soal Podcast. Thanks ya kak, Kalau otodidak aja aku blm berani maju hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya samalah...podcastku masih kusembunyikan..hihi

      Hapus
  2. memang lagi happening bangeut nih kak kelas podcast , belajar broadcasting memang seru lho ka , pernah belajar jadi penyiar dulu pas jaman kuliah eh sekrng booming lagi ehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih...makanya aku penasaran jadinya😁

      Hapus
  3. Aku udah daftar dan ajak temen-temenku juga di batch 2 ini. Makasih banyak infonya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Semoga kelasnya menyenangkan dan bermanfaat😊

      Hapus
  4. Wah hebat bisa sampai selesai. Aku cuma ikut dua kali. Karena oecah konsentrasi harus ikut ujian. Selamat ya mbak. Semoga podcastnya banyak memberi manfaat.

    BalasHapus
  5. Jujur baru paham aku pengertian yang sebenarnya tentang podcast ini ternyata menarik juga ya, sebelumnya cuma dengar dengar lewat IG juga Tapi karena ga paham jadi ga begitu tertarik

    BalasHapus
  6. Aku punya podcast sejak tahun lalu, Tapi awal tahun udah nggak kesentuh lagi podcastnya. Padahal asyik banget nge-podcast yaaa

    BalasHapus
  7. Pengajarnya oke oke banget ya. Aku pernah ikut kelas podcast juga tapi belum pernah praktek hahaha

    BalasHapus
  8. Terima kasih sudah berbagi info mbak, nampaknya menarik kelas Podcast ini, namun saya pribadi jujur mbak malu dengan logat timur yang medok bangat, hehhee tapi info menarik yang coba untuk saya cari tahu, barangkali cocok dan mampu mengalahkan rasa minder ini hehehe...

    Menuju link yang direkomendasikan oleh mbak Hetty.

    BalasHapus