Batita Menolak Makan

     Halo ibu-ibu yang berbahagia...
Kebahagiaannya pasti berkurang kan kalau anak susah makan??
Hadeeeh ini mah curhatan sejuta mommies deh.
     Yuk saling menguatkan!! Saling share tips supaya bisa jadi pilihan atau pencerahan bagi kita-kita, para ibu yang anaknya sedang melewati masa-masa susah makan.
Hari-hari ini saya sendiri sedang mengalami itu.
Nasha, anak bungsu saya, 16 bulan baru aja mulai mau makan lagi. Sebelum umur setahun lumayan mau makannya. Tapi belakangan agak susah.
Jadi kira-kira sebulan kemarin dia susaaaah banget makan. Kalau disodorin makan, dia hanya ambil lauknya. Sayurnya nggak mau, nasinya ogah makan.
Lain waktu disodori makan lagi, maunya disuapin pakai tangan, nggak mau pakai sendok.
Besoknya lagi pas makan, maunya disuapin kakaknya, nggak mau sama ibunya. Itupun hanya sesuap dua suap. Tetep alhamdulillah, ada yang masuk makanannya. Karena pernah juga benar-benar menolak dan hanya mau ASI aja. Stres nggak sih ibunya?!
Pernah lho dalam sehari saya sampai masak berkali-kali, demi mencari makanan apa yang dia mau. Demi ada asupan penting yang bisa masuk.
Kadang ya, udah begitupun dia tetep tutup mulut menolak makan.
Jadi hasil memasak berulangkali tadi kadang nganggur aja di meja. Sabaaar!! Hati harus seluas Samudera Hindia.
Memang sih waktu itu ada batuk pilek, sampai curhat ke dokter, dan beliau bilang "ditelateni. Nggak apa. Minum ASInya kuat kan? Ini berat badan masih bagus. Nggak turun." Heeem...baiklah. Sabar. Telaten. Noted.
Dan memang harus begitu sih: sabar dan telaten, semua ada masanya.

     Nah pada anak saya, yang saya lakukan selama dia GTM itu adalah:
*Mengganti nasi dengan sumber karbohidrat lain: kentang, jagung, pasta
*Menjadikan lauk dan sayur sebagai cemilan. Nyemil ayam goreng, ikan, telur rebus. Itu dia masih mau walau dikit-dikit.
*Lebih sering menawari dia makan, walau kadang ditolak. Nggak pa-pa. Sabar.
*Membuat camilan 4 bintang. Misalnya dadar nasi: telur, nasi, wortel, tahu. Campur. Bikin dadar.
*Membiarkan anak makan sendiri...tapi ini banyak gagalnya di saya. Anaknya malah asyik mengaduk-aduk makanannya. Lalu meremas, menaburkannya ke lantai. Fiuuh !! Jadi kalau mau anak makan sendiri musti bikin fingerfood, kalau saya.
* Memberi makanan selingan yang tinggi kalori. Kebetulan anak saya suka sama mangga dan alpukat. Pisang dulu suka, tapi sekarang menolak.
*Memberi jeda antara ASI dan jam makan, supaya anak merasa lapar.
*Yang tidak lupa dilakukan tentu saya berdoa, plus pas mau tidur dibisikin supaya pinter maemnya.

     
Cawan musi. Salah satu menu saat Nasha susah makan.

    Jangan lupa juga untuk mencari tau mengapa anak menolak makan.
Nasha waktu itu memang sedang batuk dan pilek. Lalu disusul tumbuh gigi. Dan dia juga sedang senang sekali jalan kemana-mana, meng-explore apa yang ada di sekitarnya. Sehingga memang cukup lama males makannya.
Tapi saya tetap punya target sih, gimana caranya berat badannya tetap naik sesuai KBM.  Dan di atas tadi beberapa hal yang sudah saya lakukan.
Masih bisa panjang sih kalau mau dilanjut..hehe
 Tapi gantian deh...share ya pengalaman mengatasi anak yang sedang susah makan!!
Supaya kita bisa saling berbagi dan menguatkan...demi menyiapkan generasi unggul penerus bangsa..eaaa!!
Semangat yaaa...ibu-ibu!!!



Posting Komentar

33 Komentar

  1. So far sy blm pernah mengalami anak yg GTM, krn dlu syukurnya anakku makannya aman-aman aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah syukur deh mom..seneng lihat anak makan lahap , kayak ponakan aku juga...😁

      Hapus
  2. Adik ku pun susah sekali makan nasi, aku mengakalinya dengan memberikan kentang rebus atau goreng sebagai penggantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, emang musti dikasih pilihan menu yang lain 👍

      Hapus
  3. Saya belum punya anak nih Bun jadi baca aja share pengalamannya bunda punya anak susah makan. Barangkali nanti kalo udah punya anak juga gitu haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi semoga besok kalo punya anak, makannya lahap deh. Nggak susah makan..
      Eng...kapan nih? 😁

      Hapus
  4. Kalo aq sih.. anak lg ga mau makan ..yawis biarin aja...ntar klo lapar jg makan sndrii.. hahahaha.. tapi klo dlihat2 anak ga mau makan bukan krna dia ga mau .. tapi krna blm laper, atau bosan ama menunya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, musti ngerasain juga yang namanya lapar ya. Kalau lapar kan minta makan dia..hihi

      Hapus
  5. Tetpa Semangat ya mom semua itu ada masanya InsyaAllah bisa dilewati,semoga sehat selalu untuk baby dan mom sekeluarga ya.. Aamiin YRA

    BalasHapus
  6. Trus berhasil mbak trik di atas tadi. Anakku juga lagi gag doyab makan. 11 bulan dia... Masya Allah rasanya.... Wes tak coba berbagai macam cara tetap GTM dan ini udah 5 harian asupannya ASI aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah berhasil mba, setidaknya diihat di buku KIA, anakku tiap bulan tetep naik berat badannya, walau 200-300 gram.

      Hapus
  7. Petra belum pernah GTM sih.. kalau pun nolak makan pasti karena dy lagi ga enak badan deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng pokoknya kalau anak mau makan 😍

      Hapus
  8. Kalo anak GTM emang menguras emosi ya, mbak. Kalo dikasih finger food cuma digigit sedikit aja, padahal bikinnya susah. Nasib... :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya iih...sampai kadang bingung mau dimasakin apalagi. Nggak pa-pa mba, tetep semangat dan semoga masa GTM cepat berlalu.

      Hapus
  9. Anak aku dua duanya doyan makan mom.. Tapi makanannya ga tau lari kemana karna semuanya ga gemuk badannya 😅 sedih kalo dibilang "anakmu ga mbok kasih makan yaa na?" duuuh ngenes dihati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayak sulungku dong...makan doyan tapi langsing-langsing aja. Kemana larinya makanan...pertanyaan yang sama nih..hihi

      Hapus
  10. Merawat Anak-anak memang penuh tantangan, gak cuma GTM, tapi juga banyak hal lain.
    Semangat ya Moms...

    BalasHapus
  11. Kalau anak GTM orang tua harus kreatif ya buat menu yang bisa bikin anak selera makan. Biar nutrisinya terpenuhi.

    BalasHapus
  12. Telaten dan sabar. Itu dua kunci sukses ibu2 hadapi anak dg GTM ya mba.. Trims sharingnya ya..

    BalasHapus
  13. Batita tentunya senang mencoba yang baru tapi cepat bosan. Begitupun dalam hal makanan. Memang menu harus variatif dan membuat anak tetap dalam mood yang baik memang gampang2 susah. Nice info

    BalasHapus
  14. Kalau anak saya sebenarnya tidak sulit makan, tetapi menunya harus ganti-ganti. Soalnya kalau menunya sama suka bosan dan gak mau makan. Jadi meskipun agak repot karena sering masak tidak masalah, yang penting si kecil mau makan. ..

    BalasHapus
  15. Betul ihh anak saya semua susah makan sampai usia TK kadang kalau jam makan penuh drama. Saya sih solusinya tidak pernah berhenti memberi vitamin untuk nafsu makan. Asal makannya masuk biar sedikit sekarang sudah kelas 3 dan 2 SD Sudah ga minum vit itu lagi. Alhamdulillah ngga susah makan..

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  17. Wah samaan nih kita Mba Hetty.. saya juga sdg ngalemin huhuu si bungsu GTM. saya sediain aja macem2 makanan dan camilan di rumah jd sering2 nawarin dia apa aja. Alhamdulillah anaknya kenyang jg. Bosen makan nasi kali yaa

    BalasHapus
  18. Kadang memang GTM dan menolak makan, ya Mbak. Gemes saya kalau Giandra kami begitu.
    Kalau saya memang jarang menyatukan nasi dengan sayur dan lauk. Kecuali jika dia sedang mau makan (tandanya mau makan di piring kami).
    Jadi saya beri sayur dan lauk di mangkok kecil. Sayur dan lauk saya potong kotak-kotak kecil yg mudah dijumput.

    Memang harus telaten...

    BalasHapus
  19. Wah ini juga yang saya alami dari dulu mbak, ke tiga anak saya emang nggak doyan makan, sekarang si bayik juga gak mau makan.
    Padahal udah di ganti2 menunya tapi ya masih sama. Akhirnya saya biarkan aja kalo dia pegang makanan biarpun cuma di makan trus dilepehin gpp mungkin dengan gitu jadi terbiasa makan

    BalasHapus
  20. Benarlah klo ada pepatah mengatakan kasih Ibu sepanjang jalan, karena kesabaran seorang Ibu itu sungguh sangat luar biasa demi sibuah hati, hanya soal makan saja seorang Ibu harus mempunyai hati seluas samudera hindia, bagaimana klo sikecil nakal? Semoga lelahnya menjadi lillah

    BalasHapus
  21. Jadi ibu itu emang banyak ya tantangannya, akupun ibu dr 3 anak balita pasti pernah merasakan seperti ini, so kita hrs kreatif & lebih peka, semangaaatt

    BalasHapus
  22. Semangat untuk para mommies mengASIhi dan menyuapi para bayinya..

    BalasHapus
  23. Anak saya banget nih Mbak. Ya Allaah susahnya dikasih makan minta ampun deh sampe kadang bikin sayanya yang stres tapi emang harus sabar ya kasih makan anak

    BalasHapus
  24. Sampai sekarang Palung susah makan alias picky Eater. Padahal waktu sebelum umur 2 tahun tidak masalah, setelah lewat umur Itu barulah muncul masalah. Berkaitan dengan eksplorasi rasa baru dari jajan

    Sekarang saya tekankan padanya untuk menghargai makanan. Sulit memang urus makan anak agar sesuai nutrisi jika anaknya pemilih.
    Semoga Nasha tetap sehat. Jangan menyerah dengan anak yang GTM. Dramanya memang melelahkan.

    BalasHapus