Nyamankan Mata Saat Menatap Layar Bersama ASUS OLED

      Teman-teman, saya penasaran, sehari berapa jam sih kalian menggunakan laptop? Beberapa waktu ini saya jadi pengamat mengenai kebutuhan akan gadget dari sisi seorang ibu. Baik untuk anak-anak maupun untuk saya sendiri. Dengan anak-anak usia sekolah yang melaksanakan kegiatan belajar secara daring, yang tentu saja tidak lepas dari alat pendukungnya, salah satunya laptop. 

Memang benar, sebelumnya bisa dihitung berapa lama mereka menggunakan laptop, tapi sekarang tentu saja lebih sering dan durasi juga lebih lama jadinya.

       

Bekerja menggunakan laptop (Pixabay)

Sebagai seorang ibu, satu sisi saya senang ketika anak-anak mengakrabi teknologi sesuai usianya dan kebutuhannya untuk belajar. Tapi tak dipungkiri, di sisi lain timbul juga kekhawatiran akan kesehatan mata mereka. 

Saya sendiri sebagai momblogger dan content creator pasti membutuhkan peralatan yang mendukung, yang bisa memperlancar urusan pekerjaan, nggak bikin keki karena kelemotan dan ketidakcemerlangan gambar atau video yang saya buat.

By the way, saya menulis ini sambil mendengarkan lagunya Fiersa Besari, Bukan Lagu Laptop Biasa....eh lha kok langsung semangat!! Coba deh cek Youtube-nya.

Satu lirik yang mencubit perasaan saya adalah "Hidup ini akan lebih indah, tinggalkan saja segala resah, beralihlah....pada ASUS OLED

Bicara tentang laptop, terutama tentang ASUS, jujur dari segi nama pun saya suka, kesannya macho, gitu lho. Langsung kebayang laptop ASUS berwarna hitam yang maskulin....duh! Gagah!

Lalu saat sampai di lirik "beralihlah....", ini seperti mendorong saya untuk comot salah satu laptop itu. Tapi...saya rasa semua setuju kan kalau kita akan memilih sesuatu itu jangan asal comot. Harus jeli, dipikir baik-baik, dipertimbangkan bibit bobot bebetnya, agar tidak salah pilih dan menyesal kemudian. (Kayak milih suami nggak sih? Hihi...) 

       

VivoBook Ultra 15 OLED

Laptop adalah satu benda yang sekarang ini menjadi sangat penting dalam mendukung pekerjaan kita, sehingga kita bahkan menggunakannya setiap hari untuk durasi yang tidak sebentar. Ada sisi lain yang harus diperhatikan, selain kesenangan kita saat menggunakannya untuk bekerja, belajar maupun berkarya, yaitu sinar biru yang ternyata memang harus kita waspadai. 

Perangkat digital seperti televisi, laptop, smartphone dan gadget lainnya memancarkan sinar biru atau blue light yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Bahaya Sinar Biru Bagi Kesehatan

1. Mengganggu tidur

2. Merusak retina

3. Menimbulkan kelelahan pada mata

4. Mengganggu kesehatan kulit, mulai dari hilangnya kolagen hingga resiko hiperpigmentasi.

Jadi boleh dong, kalo kita lebih memilih-milih lagi produk yang juga memberi perhatian pada hal-hal tersebut.

Keunggulan ASUS OLED 

 Lebih Aman Untuk Kesehatan Mata 

Mata adalah organ yang sangat penting. Jadi poin ini adalah keunggulan yang menarik bagi saya. Karena dampak dari paparan sinar biru bisa dirasakan, yaitu ketika mata menjadi sering lelah, dan kita juga harus hati-hati dengan efek jangka panjangnya.

Dampak radiasi sinar biru terhadap kesehatan mata, menurut laporan penelitian bertajuk "Blue Light Hazard: New Knowledge, New Approaches to maintaining Ocular Health" oleh Essilor America pada tahun 2013, paparan sinar biru dalam jangka panjang dapat merusak mata. Sinar biru dapat membentuk partikel oksigen yang berbahaya serta dapat mengganggu proses fotokimia pada retina mata yang pada akhirnya merusak sel retina dan menyebabkan gangguan penglihatan. Penyumbang terbesar paparan radiasi sinar biru saat ini adalah layar komputer, gadget serta televisi, dimana sinar biru sangat dibutuhkan untuk menghasilkan warna yang kaya dan akurat. 

      

Penelitian blue light
Diagram yang menggambarkan tingkat kerusakan pada sel retina mata di berbagai spektrum cahaya pada laporan penelitian "Blue Light Hazard: New Knowledge, New Approaches to Maintaining Ocular Health" oleh Essilor America, 2013

Meski demikian laporan tersebut juga mengatakan bahwa tidak semua spektrum sinar biru memiliki efek rusak yang sama. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti dari Essilor Paris dan Paris Vision berhasil mengidentifikasi bahwa sinar biru dengan spektrum antara 415nm hingga 455nm adalah yang paling berbahaya untuk mata, dengan spektrum 420nm hingga 430nm memiliki efek rusak tinggi. 

Salah satu solusi yang ditawarkan dari penelitian tersebut adalah membuat mata hanya menerima spektrum sinar biru yng aman sehingga efek terhadap kesehatan mata jangka panjang dapat terhindarkan.

 ASUS OLED memgatasi ini dengan memghadirkan fitur Eye Care yang dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70%, sehingga lebih nyaman digunakan dan dapat lebih menjaga kesehatan mata penggunanya, khususnya pada anak-anak. 

Fitur Eye Care pada ASUS OLED ini tidak hanya dapat mengurangi radiasi sinar biru, tetapi juga dapat mempertahankan kualitas reproduksi dan akurasi warnanya. Dengan menggeser spektrum biru, ASUS OLED dapat menekan paparan radiasi sinar biru tanpa mengurangi kualitas dan akurasi warnanya. Metode ini bahkan sudah mendapatkan sertifikasi Low Blue Light dan Flicker Free dari TÜV Rheinland.

Warna Lebih Kaya Dan Akurat 

ASUS OLED diciptakan untuk para profesional yang membutuhkan layar dengan tingkat reproduksi warna yang tinggi serta akurat, sesuai standar industri perfilman saat ini. Oleh karena itu, ASUS OLED mampu mereproduksi 100% warna pada color space DCI-P3 atau setara 133% warna. 

Setiap laptop yang menggunakan teknologi layar ASUS OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga dapat menghasilkan warna yang sangat akurat. ASUS OLED memiliki standar kalibrasi warna yang tinggi dan telah mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated Display.

 Tampilan tetap jernih meski pada tingkat kecerahan yang rendah 

Seringkali pada saat menurunkan tingkat kecerahan, maka tingkat akurasi warna pada layar akan menurun. Hal tersebut terjadi karena sebagian laptop menggunakan 2D Color gamut sebagai referensi. 

Pada ASUS OLED menggunakan 3D Color gamut sebagai  referensi. 3D Color gamut menambahkan faktor iluminasi untuk mengukur color volume secara keseluruhan dan ASUS OLED memiliki color volume 60% lebih besar dibandingkan dengan layar laptop pada umumnya. Berkat color volume yang lebih besar, laptop yang menggunakan ASUS OLED dapat menghadirkan tingkat reproduksi warna yang sangat tinggi pada rentang tingkat kecerahan yang lebih luas. Tak tanggung-tanggung, ASUS OLED bahkan tetap mampu menampilkan warna dengan jelas, kaya serta akurat pada tingkat kecerahan rendah, dimana layar laptop pada umumnya hanya mampu mereproduksi warna sebesar 11%. 

Detail Warna Dan Visual Terbaik 

Berbeda dengan laptop pada umumnya, yang masih menggunakan panel backlight, ASUS OLES terdiri dari jutaan lampu LED berukuran sangat kecil. Setiap LED dapat dimatikan secara sepenuhnya sehingga mampu menghasilkan warna hitam sempurna dan memiliki kontras warna yang sangat tinggi. Tak tanggung-tanggung, ASUS OLED hadir dengan rasio kontras hingga 1.000.000 : 1 sehingga kita dapat menikmati setiap detail warna dengan sangat jelas. 

ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi DisplayHDR 500 True Black dari VESA. Artinya, kita dapat menikmati beragam konten multimedia yang disajikan dengan format HDR secara sempurna. Pengalaman visual terbaik hanya bisa didapatkan melalui laptop yang telah mengantongi teknologi layar ASUS OLED. 

Visual Lebih Jelas Tanpa Efek Blur 

Menikmati sajian multimedia dengan gerak visual yang cepat seperti pada film action seringkali menampilkan efek blur yang mengganggu mata. Untuk mengatasi hal tersebut, ASUS OLED dilengkapi dengan response time yang sangat kencang, yaitu hingga 0,2ms atau 50 kali lebih kencang  dari layar laptop pada umumnya. Response time yang lebih kencang memungkinkan tampilan visual dengan gerak cepat dapat dihadirkan secara lebih tajam dengan detail yang tinggi. Jadi kita tidak akan lagi  melewatkan berbagai detail dari film action serta tidak lagi kesulitan untuk membaca teks berjalan karena ASUS OLED mampu menampilkan dengan sangat baik tanpa efek blur.

Laptop modern ASUS OLED sudah diperkuat prosesor Intel Core generasi ke-11 terbaru (Tiger Lake) yang menghadirkan keseimbangan performa dan responsivitas dalam platform berdaya rendah yang dibuat berdasarkan teknologi proses 10nm generasi ketiga.

      

ASUS OLED
Response  time lebih kencang, visual gambar bergerak lebih tajam tanpa efek blur

Jajaran laptop ASUS dengan teknologi layar ASUS OLED telah tersedia di Indonesia saat ini mulai dari lini ZenBook hingga Vivobook. ASUS juga menghadirkan laptop dengan teknologi layar ASUS OLED, yang paling terjangkau yaitu VivoBook Ultra 15 OLED (K513) yang dibandrol dengan harga Rp 8.559.000.

Nah kadang kita, terutama saya, terlalu fokus pada spesifikasi umum, dan kurang detil. Tapi di sini jadi makin sadar bahwa ada satu komponen yang penting diperhatikan yaitu layar laptop, yang selalu kita pandangi bahkan setiap hari, dan langsung berhubungan dengan kesehatan mata kita. 

Iya sih, untuk menentukan sebuah pilihan, termasuk mengenai memilih laptop, memang harus mengumpulkan banyak-banyak informasi termasuk apakah cocok untuk Work From Home dan Pembelajaran Jarak Jauh. 

Sebenarnya ada beberapa alasan sih mengapa Vivobook Ultra 15 OLED (K153) ini layak untuk dipilih.

Vivobook Ultra 15 OLED (K153) Mendukung WFH dan PJJ

1. Dilengkapi Windows 10 Home

Sistem operasi terbaru besutan Microsoft ini sangat menunjang produktivitas penggunanya, karena banyak fitur yang ada di dalamnya, seperti kompatibilitas dengan berbagai aplikasi kantoran, serta berbagai aplikasi kreatif dan hiburan. Aplikasi tersebut dapat dipasang dengan mudah melalui Microsoft Store yang tersedia di Windows 10 Home.

2. Gratis Office Home & Student 2019 seumur hidup

Aplikasi Office versi lengkap yang tentunya kita butuhkan kan? Dilengkapi 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaharuan rutin untuk melindungi perangkat, program dan data kita. 

3. Work From Hom (WFH) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) lancar tanpa gangguan

VivoBook Ultra 15 OLED (K513) telah dilengkapi dengan teknologi AI Noise Cancelling yang dapat meredam suara bising di sekitar kita, sehingga saat WFH dan PJJ dapat berjalan lebih baik.

Selain itu, laptop ini juga sudah menggunakan WiFi 6, teknologi WiFi terbaru yang lebih kencang dan stabil. WiFi 6 di VivoBook Ultra 15 OLED (K513) juga dilengkapi dengan Smart Connect, yang memungkinkan sistem untuk memilih dan terkoneksi dengan router yang memiliki sinyal paling kuat secara otomatis.

4. Spesifikasi Modem

VivoBook Ultra 15 OLED (K513) ditenagai oleh prosesor Intel Core Generasi ke-11 yang tidak hanya meningkatkan performa, tetapi juga memiliki tingkat konsumsi daya yang lebih optimal. Laptop ini juga dibekali memori DDR4 RAM serta telah menggunakan penyimpanan berupa PCle SSD. Penyimpanan modern ini memiliki kecepatan baca dan tulis yang jauh lebih cepat dari HDD tradisional, memungkinkan VivoBook Ultra 5 OLED (K513) dapat memuat dan menjalankan aplikasi secara lebih kencang. 

5. Hemat daya, karena telah dilengkapi Asus Intelligent Performance Technology (AIPT). Teknologi ini memungkinkan Vivobook Ultra 15 OLED (K513) mendapatkan peningkatan performa hingga 40% dibandingkan laptop dengan spesifikasi serupa. AIPT juga membuat konsumsi daya menjadi lebih rendah. 

6. Dapat di-upgrade

Ada beberapa opsi upgrade pada VivoBook Ultra 15 OLED (K513), salah satunya adalah upgrade kapasitas RAM melalui satu slot SO-DIMM DDR4. Selain itu kita juga dapat menambah kapasitas penyimpanan menggunakan 2.5" SATA SSD atau HDD di laptop ini. Opsi upgrade ini membuat VivoBook Ultra 15 OLED (K513) cocok dijadikan investasi yang dapat memenuhi kebutuhan kita beberapa tahun kedepan. Apalagi juga sudah dikonfirmasi akan mendapatkan update sistem operasi Windows 11 tanpa biaya tambahan. 

7. Harga terjangkau.

Dan ditambah keunggulan lain yang sudah saya tulis di atas, mengenai layar dan sebagainya.

Bagaimana? Sudah mulai jatuh cinta? Atau masih memerlukan lebih banyak informasi lagi? Ah, saya setuju, memang lagi-lagi harus mencari informasi yang lebih lengkap sebelum memutuskan untuk meminang.

Boleh singgah ke web ASUS ya agar makin banyak lagi informasinya.

Nanti akan terbayangkan, sesemangat apa saat berkarya ditemani laptop sejati yang menemani kita setiap hari. Karena sekarang ini, produk dengan keunggulan teknologi memang dicari, tidak hanya oleh mereka kaum milenial, tapi siapapun karena memang tuntutan jaman. Selain mencari yang unggul dalam teknologi terkini, juga ramah dan memperhatikan sisi kesehatannya dari penggunanya.

Kita bisa produktif berkarya

Hidup sehat juga bahagia 

Teknologi membuat semua lebih mudah

Raih tanganku dan percayalah

Hidup ini akan lebih indah

Tinggalkan saja segala resah, beralihlah

Pada ASUS OLED 

 -Fiersa Besari-

 

Jadi gimana? Kapan beralih ke ASUS OLED? Bagaimana kalau  Januari 2022? Oke??




  









Posting Komentar

7 Komentar

  1. Terima kasih kak info dan reviewnya, bisa banget dijadiin referensi kalau mau beli laptop nih

    BalasHapus
  2. Omo seriusan ini asus bagus banget fitur2 nya. duh bismillah nabung dulu

    BalasHapus
  3. Pas banget lagi cari2 referensi buat beli laptop. Asus OLED ini sangat bisa jadi pertimbangan. Makasih reviewnya ya...

    BalasHapus
  4. Duh inceran bangedd ini Asus, thnx yuu review nyaa, nabung dulu deh

    BalasHapus
  5. Lengkap banget nihh reviewnya, bisa jadi wishlist next kalau mau beli laptop😍

    BalasHapus
  6. Cakep bgt nih Asus dengan kualitas sebagus itu harganya masih terjangkau, kebetulan dirumah pakai Asus juga. Abis baca ini jadi pengen upgrade lagi haha

    BalasHapus
  7. Agak kesel kalau liat laptop tapi colornya kurang oke. Kadang liat gambar yang aslinya bagus malah jadi kurang pas. Tapi laptop ASUS ini kayaknya udah optimal dan bakal bikin mata lebih nyaman buat terus berada di depan laptop.

    BalasHapus